2.1 PENGENALAN KOMPUTER
2.1.1 Sejarah singkat komputer
Computer berasal dari kata kerja to compute, yang berarti menghitung. Sejarah computer berawal ketika manusia mulai mengenal angka, baik angka arab, angka latin maupun angka romawi. Angka arab memiliki keunggulan, yaitu memiliki konsep sistem bilangan. Dari system bilangan ini, kemudian manusia mulai mengenal perhitungan-perhitungan matematika. Lalu dibuatlah alat bantu hitung sederhana mulai dari kalkulator tanah, hingga abacus atau sempoa. Ketika perhitungan yang dilakukan sampai pada tahapan yang sulit, maka dibuatlah mesin hitung yang dapat melakukan perhitungan berulang-ulang tanpa kesalahan.
2.1.2 Konsep Dasar Komputer
Pada dasarnya, komputer adalah mesin yang memiliki perangkat keras yang terdiri dari perangkat input, proses dan output serta perangkat lunak yang terdiri dari sistem operasi dan program aplikasi.
2.1.2.1Cara kerja komputer
Pemakai (user) memasukkan data dan perintah melalui perangkat input. Data dan perintah tersebut selanjutnya dikirimkan kepada perangkat proses untuk diolah. Hasil pengolahan data dan perintah tersebut akhirnya ditampilkan pada perangkat output. Komputer yang dipelajari dalam mata diklat KKPI adalah Komputer Pribadi/Personal Komputer. Selain komputer dengan standar IBM yang banyak dipakai ada pula komputer standar Apple yang disebut machintos.
2.1.3 Perangkat Keras
2.1.3.1. Pengertian
Kata kunci:
a. Bagian computer : hardware, software, brainware
b. Komponen elektronika : mather board, RAM, Procesor, dst.
Contoh kalimat pengertian: perangkat keras yaitu bagian komputer yang terdiri dari komponen-komponen elektronika dan dapat dilihat maupun dijamah.
2.1.3.2 Penggolongan
1) Pengertian
Kata kunci:
v Bagian Perangkat keras : PC, monitor, printer, mouse, keyboard, dst.
v Untuk memasukkan
v Data dan perintah
Jadi perangkat input atau input device adalah alat yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah dari luar kedalam processor atau memory komputer sehingga dapat diolah menjadi informasi yang dibutuhkan.
2) Contoh.
v Keyboard (alat untuk menuliskan data dan perintah)
v Mouse (alat untuk menggerakkan pointer di layar)
v Floppy disk drive (alat untuk membaca data dalam disket)
v CD Rom Drive/ DVD-Rom Drive (alat untuk membaca data dalam CD/DVD)
2. Perangkat Proses
1) Pengertian
Kata kunci:
v Bagian Perangkat keras
v Mengolah data dan perintah
Umumnya perangkat proses dalam personal computer disebut CPU (central
processing unit).
2) Bagian-bagian CPU.
v Motherboard
Motherboard adalah Papan induk yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat lain dalam CPU.
v Microprocessor
Bagian CPU berupa kepingan IC yang berfungsi untuk memproses data dan perintah dari perangkat input dengan cara menterjemahkan kode-kode arus listrik yang menyerupai bilangan binner.
Produsen prosesor besar di dunia adalah Intel Corporation (Intel) dan Advanced. Media Devices (AMD). Intel memiliki prosesor antara lain adalah intel celeron, intel pentium, intel pentium D, intel centrino (untuk notebook/laptop), intel xeon. Istilah core duo atau core 2 duo merupakan teknologi penggabungan dua chip pada satu keping prosesor. Teknologi tertinggi intel lainnya adalah quad core, yang berarti empat chip dalam satu keping prosesor. AMD memiliki prosesor antara lain AMD Duron, AMD Athlon, AMD Sempron,AMD Turion,AMD Thunderbird,AMD Phenom.
v Memory
Memory adalah tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data saat komputer bekerja. Nilai suatu memory antara lain dilihat dari jenisnya. Jenis RAM antara lain adalah SD-RAM, DDR-RAM. Teknologi DDR terbaru adalah DDR-3. RAM juga dinilai dari kapasitas (daya tampung data). Satuan data adalah byte. Daya tampung memory yang ada sampai saat ini antar lain adalah 16 Mb (Mega byte),32 Mb, 64 Mb, 128 Mb, 256 Mb, 512 Mb, 1 Gb (Giga Byte) hingga 2 Gb.
Macam-macam memory dan karakternya
Karakter | Read Only Memory | Random Access Memory |
Data-datanya | Hanya dapat dibaca, tidak dapat diubah | Dapat dibaca dan diubah |
Terhadap arus Listrik | Tidak tergantung arus listrik | Tergantung arus listrik |
v Storage
Storage adalah istilah lain dari media penyimpanan data. Storage adalah bagian komputer yang berfungsi untuk menyimpan data-data komputer baik pada saat komputer bekerja maupun tidak bekerja. Contoh-contoh media penyimpan data antara lain :
1. Floppy Disk adalah media simpan terbuat dari pita magnetik. Ukurannya kecil dan mudah dibawa, namun cepat rusak dan kini tidak lagi menjadi trend.
2. Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjutnuya bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.
Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi. Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa. Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut.

v Jenis-Jenis Hard Disk
Jenis hard disk bermacam-macam, tergantung pada kategori yang digunakan. Misalnya, berdasarkan jenis interface-nya, tingkat kecepatan transfer data, serta kapasitas penyimpanan data. Jenis interface yang terdapat pada hard disk bermacam-macam, yaitu Advance Technology Attachment atau ATA (IDE, EIDE), Serial ATA (SATA), SCSI (Small Computer System Interface), SAS, IEEE 1394, USB, dan Fibre Channel. Jenis interface menentukan Di antara sekian banyak jenis interface, hanya tiga jenis hard disk yang sering digunakan, yaitu IDE, SATA, dan SCSI. Hard disk SCSI biasanya banyak digunakan pada server, workstation, dan komputer Apple Macintosh mulai pertengahan tahun 1990-an hingga sekarang. Sedangkan hard disk yang banyak digunakan pada komputer personal (PC) adalah jenis SATA.
3. Perangkat Output
1) Pengertian
Perangkat output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi. Contoh perangkat output adalah sebagai berikut:
v Monitor /Video Display Unit.
v Printer
2.1.4 Perangkat Lunak
2.1.4.1 Pengertian
Perangkat Lunak atau Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
2.1.4.2 Penggolongan Software
A. Sistem Operasi
Sistem Operasi (Operating System) adalah Perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.
Adapun contoh-contoh dari Contoh system operasi yaitu sebagai berikut :
ü DOS – Disk Operating System, sistem operasi yang berbasis CLI (Command Line Interface) dan bersifat single user.
ü UNIX – dikembangkan oleh 4 orang ahli di laboratorium Bell Amerika serikat. Awalnya berbasis CLI, namun sudah bersifat multi user. Kelebihannya adalah stabil, dan memiliki tingkat keamanan data yang baik. Kelemahannya, hanya bisa digunakan oleh computer mainframe.
ü Windows – software buatan Microsoft corporation milik Bill Gates. Sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) ini awalnya masih bersifat single user, namun sekarang sudah multiuser, dengan sistem keamanan yang cukup baik. Sangat populer, namun karena berlisensi komersil maka banyak dibajak oleh pengguna komputer.
ü Linux – sistem operasi turunan dari UNIX. Program inti dibuat/diprakarsai oleh Linus Benedict Torvalds, mahasiswa Universitas Finlandia tahun 1990-an. Linux merupakan UNIX yang dapat bekerja pada komputer pribadi, bahkan komputer mainframe. Bersifat Open source Karena dikembangkan oleh komunitas programer di banyak penjuru dunia.
ü Solaris – sistem operasi buatan SUN Microsystem.
ü Symbian - sistem operasi yang banyak digunakan pada telepon genggam.
ü CLI berarti setiap perintah dan data harus dituliskan menggunakan keyboard.
ü GUI berarti data dan perintah dapat dimasukkan melalui tampilan grafis / gambar.
ü Single user berarti pengguna komputer dianggap satu orang karena tidak ada nama pengguna yang terdaftar pada komputer.
ü Multi user berarti pada komputer sudah terdaftar nama-nama pemakai berikut kata sandinya. Hal ini untuk menjamin kemanan data.
ü Lisensi komersil / propitary ware, artinya untuk menggunakan sofware dengan lisensi tersebut harus membayar kepada pembuat.
ü Lisensi Shareware. Suatu software yang ditawarkan secara gratis terbatas pada fitur-fitur tertentu atau jangka waktu pemakaian tertentu. Selebihnya harus membeli pada pihak pembuat.
ü Lisensi freeware. Suatu software boleh digunakan tanpa perlu membayar kepada pihak pembuat.
ü Open Source berarti kode program suatu software boleh diambil/diketahui oleh siapapun baik untuk kepentingan sendiri ataupun kelompok untuk diperbaiki atau disempurnakan, bahkan dijual, tanpa membayar lisensi kepada pihak pemakai. Namun nama pencipta program tetap harus dicantumkan. Dengan sendirinya software open source boleh digunakan tanpa membayar lisensi kepada pihak pembuat.
B. Program Aplikasi
1. Pengertian
Program aplikasi adalah perangkat lunak yang di gunakan untuk mengolah data yang dibutuhkan oleh manusia dan sangat membantu pekerjaan manusia.
Contoh
ü Office – software- untuk keperluan perkantoran yang meliputi pengolah kata, pengolah angka, presentasi, dan database, bahkan pembuatan website dan penerbitan. Nama-nama program office ini antara lain Microsoft office, Open Office, Star Office, Cross Over Office, dan lain-lain.
ü Multimedia – software untuk mengolah gambar dan atau suara. Nama-nama programnya antara lain: winamp, jet audio, auda city, dll (audio/suara) xing mpeg player, dvd player, dll (penampil video), ulead video studio, adobe premiere, sonic (editing video), corel draw, paint, (menggambar), adobe photoshop, corel paint, adobe cs-2 (edit gambar). Dan masih banyak lagi.
ü Browser – aplikasi untuk membuka halaman-halaman website internet. Nama programmnya antar lain internet explorer, opera, firefox, mozzila, netscape, dll.
ü Instant Messaging – aplikasi internet untuk bercakap-cakap secar real time. MIRc, Yahoo messager, dll.
ü CAD – Computer Aided Design. Program untuk membantu gambar rancang bangun. Contoh: AutoCad, 3D studio Max, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar